PROFIL LULUSAN DAN PROSPEK KARIR

  1. Bidang Farmasi industri, diantaranya adalah
  • Research dan development bertugas menentukan formula, tekhnik pembuatan, dan menentukan spesifikasi bahan baku yang digunakan. Pengembangan produk yang dilakukan mulai dari skala laboratorium, skala pilot hingga skala produksi.
  • Quality control, secara umum mencakup monitoring, uji-tes, dan memeriksa semua proses produksi yang terlibat dalam produksi produk tersebut. Memastikan bahwa standar kualitas perusahaan terpenuhi oleh komponen dari produk yang disediakan oleh perusahaan.
  • Quality assurance, yaitu bertugas dan bertanggung jawab terkait peran jaminan kualitas.
  1. Bidang Farmasi Komunitas, seorang sarjana farmasi memiliki kesempatan bekerja di apotek, klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), dan Rumah Sakit.
  2. Dunia Pendidikan, sebagai guru atau dosen dalam bidang farmasi. Biasanya untuk menjadi tenaga pendidik di bidang farmasi khususnya, Anda diharuskan menyelesaikan kuliah sampai jenjang S2 Jurusan Farmasi.
  3. Bidang penelitian, Prospek kerja Jurusan Farmasi di bidang penelitian cocok bagi anda yang lebih berminat untuk menemukan sesuatu yang baru, atau menciptakan inovasi baru. Anda dapat menjadi seorang peneliti seputar obat-obatan.
  4. Lembaga pemerintahan, Badan Pengawas Obat dan Makanan, atau disingkat BPOM merupakan salah satu lembaga resmi pemerintah dalam urusan pelegalan obat dan makanan. Hal ini menjadi prospek kerja Jurusan Farmasi bagi anda yang minat bekerja dalam naungan pemerintah.
  5. Pedagang besar farmasi, PBF juga menjadi salah satu prospek kerja Jurusan Farmasi, karena sesuai namanya yaitu Perusahaan Besar Farmasi. Akan diperlukan seorang yang faham, dan ahli dalam bidang farmasi.